Sabtu, 12 November 2016

Penjelasan Istilah "PK" pada Sebuah AC

Salam sejahtera kepada semua pembaca yang saya cintai, pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengerahuan mengenai penjelasan istilah "PK" pada sebuah AC, supaya yang belum tau bisa memahami. Hal ini penting bagi yang mau membeli dan yang memakai AC atau bagi teman teman yang hanya sekedar menambah pengetahuan.

Istilah “PK” yang biasanya ditemukan di AC sering membuat orang yang punya AC bingung, apa lagi bagi yang tidak mempunyai AC mungkin lebih bingung, tapi ada juga yang sudah tau istilah itu. Ketika ingin membeli AC biasanya di tanya mau cari yang berapa PK? bingung dong kalo gak tau berapa, biasanya PK ditentukan berdasarkan luas volume ruangan agar AC bisa berfungsi sesuai dengan keinginan. Sekarang saya ingin berbagi info mengenai istilah “PK” di AC (Air Conditioner). PK bukan Penjahat Kelamin ya hehe :D
Contoh AC 1/2 PK. (Foto: harga-ac.com)

PK merupakan singkatan dari Paard Kracht diambil dari Bahasa Belanda atau jika memakai islitah dari Bahasa Inggris adalah Horse Power (HP), makna kedua istilah tersebut adalah daya kuda, maksudnya adalah kekuatan atau besaran daya pemdingin sebuah AC.

Sudah jelas ya, bahwa istilah “PK” maksdunya kekuatan pendingin yang dimiliki sebuah AC, jika dihitung dengan PH, maka 1 PK sama dengan 0.986 HP. Adapun tengan listrik yang diperlukan untuk AC berkekuatan 1 PK pada umumnya menggunaakan kurang lebih 750 watt. Supaya tidak salah beli AC maka harus mengetahui berapa kekuatan listrik kita dan luas volume ruangan dengan kekuatan pendingin AC. 

Beberapa toko elektronik menjual banyak pilihan AC dari berbagai merk dan ukuran PK, untuk harga AC 1 PK beragam tergantung merk biasanya di kisaran 2,6 juta sampai 3 jutaan, sedangkan harga AC 2 PK kisaran 3,5 juta ke atas. Agar tidak salah beli sangat perlu anda memahami istilah ini karena ukuran setiap ukuran PK pada AC membedakan harga. Sangat mubazir bagi yang kita perlukan hanya AC 1 PK kita memberli yang 1/2 PK atau bahkan yang 2 PK. 

Sekarang bagian yang sangat penting yaitu mengenai penghitungan PK yang kita perlukan pada ruangan di rumah atau di kantor anda. Agar lebih mudah saya beri contoh menghitung PK di bawah ini:

Contoh:
Luas volume ruangan kita yang ingin dipasang AC adalah 7 x 7 x 7 meter, berapa PK kah AC yang harus kita beli agar seisi ruangan bisa merasakan kesejukan sebuah AC?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ketahui dulu ketentuan ketentuan berikut ini:

      1/2 PK = kurang lebih 5000 BTU/h
      3/4 PK = kurang lebih 7000 BTU/h
      1 PK = kurang lebih 9000 BTU/h
      1 1/2 PK = kurang lebih 12.000 BTU/h
      2 PK = kurang lebih 18.000 BTU/h*

Keterangan:
PK      = Paard Kracht
BTU/h = British Thermal Unit per Hour (satuan energi sistem pemanas dan pendingin dalam satu jam)
*Sumber ketentuan di atas: ichwansidik.blogspot.com

Kembali ke pertanyaan berapa PK kah AC yang harus kita beli agar seisi ruangan bisa merasakan kesejukan AC untuk ruangan yang berukuran 7 x 7 x 7 meter? 
Jawabnnya:
7 x 7 x 7/3 x 60 = 343/3 x 60 = 6.860, maka AC yang kita perlukan adalah 3/4 PK. 

Sangat mudah kan, saya yakin kalian semua dengan mudah memahaminya. Demikian info yang bisa saya kasih tau mengenai Penjelasan Istilah "PK" pada Sebuah ACsemoga bisa membantu kalian jika ingin membeli AC yang berapa PK agar tidak keliru memilih, untuk mengetahui harga AC 2 PK, atau 1 PK,  asilakan cek harganya di situs MatahariMall.com. Terima kasih.


EmoticonEmoticon