Selasa, 08 November 2016

Pentingnya Memahami Spikologi Perkembangan Anak Bagi Orang Tua dan Guru

Mengamati perkembangan anak sangat mengasikkan apalagi anak sendiri. Beberapa ilmuan sudah pernah meneliti dan membuat teori perkembangan anak seperti yang dikembangkan oleh Jean Peaget, seorang ilmuan psikologi berasa dari Swiss (1896 – 1980). Teori beliau banyak dipakai oleh ilmuan tanah air saat ini.

Teori yang sering dipakai adalah tentang pembagian skema periodisasi perkembangan anak seperti di bawah ini:
  1. Periode Sensorimotor terjadi mulai anak lahir sampai berumur 2 tahu
  2. Periode praoperasional dimulai pada usia anak 2 tahun sampai berusia 7 tahun
  3. Periode operasional konkrit mulai usia 7 sampai usia 11 tahun
  4. Periode operasional formal dimulai pada usia anak 11 tahun sampai dia dewasa,

Periode – periode di atas sering dipakai untuk mengetahui perkembangan anak oleh orang tua dan juga guru. Ketika anak baru lahir orang tua sudah memahami bahwa anak tersebut berada pada tahap sensorimotor sehingga sangat memudahkan bagi orang tua membantu anak tumbuh dan berkembang.
Perkembangan Anak. (Foto: digikidz.id)
Setelah anak berusia 2 tahun orang tua harus memahami bahwa anak berada pada tahapan praoperasional sehingga kebutuhan anak pada usia tersebuth bisa terpenuhi. Pada periodde ini, anak biasanya anak belajar memakai dan mengenal objek – objek dengan gambaran dan perkataan. Peaget berpendapat bahwa periode ini berlangsung pada usia 2 tahun sampai mereka masuk ke sekolah dasar yaitu usia 7 tahun.

Pada periode ke tiga biasanya yang memperhatikan perkembangannya adalah orang tua dan guru, karena orang tua tidak bisa menjaga anak selama 24 jam, dengan alasan orang tua tidak bisa mendampingi anak karena mereka (anak – anak) sudah masuk sekolah. Begitu juga sebaliknaya seorang guru tidak bisa mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak karena waktu disekolah terbatas, sedangankan waktu mengajar di sekolah sangat sedikit. Oleh karena itu, perlu kerjasama yang dilakukan oleh pihan sekolah (guru) dengan orang tua, agar saling melengkapi ketika ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak pada periode ini.

Sedangkan periode operasional konkrit dan formal anak sudah mulai bisa menggunakan otaknya untuk berpikir hal – hal ringan sesuai dengan usianya. Seorang guru dan murid harus berhati – hati mengurus anak yang sudah memasuki perode ini karena jika anak mengenal hal – hal yang negatif maka anak akan mudah terpengaruh, begitu juga hal – hal yang positif anak akan mudah menerapkannya. Oleh karena itu ketina anak berusia 7 sampai 11 dan dewasa, jangan sampai mereka diarahkan kepada kegiatan yang tidak baik.

Demikian beberapa uraian tentang pengenalan beberapa karakteristik anak – anak dari lahir sampai dewasa menurut Jean Peaget agar memahami Pentingnya Memahami Spikologi Perkembangan Anak Bagi Orang Tua dan Guru. Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon