Minggu, 19 Februari 2017

Pengertian Amnesty Pajak dan Keuntungannya Bagi Pengusaha UMKM

Sebelum membahas keuntungan amnesty pajak, mari kita bahas pengertian amnesty pajak. Amnesty pajak adalah suatu kebijakan pemerintah yakni program pengampunan pada wajib pajak. Amnesti ini bertujuan untuk menutupi defisit anggaran keuangan negara dari sumber pendapatan pajak. Awalnyabanyak prang yang bertanya-tanya tentang program ini apakah merugikan atau tidak.
 
Seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia mulai mengerti dan paham akan kebijakan ini. Adanya program pengampunan pajak ini, membuat para pengusaha kelas atas berdatangan untuk mengikuti pengampunan pajak ini. Akan tetapi, program amnesty pajak tidak hanya diikuti oleh para pengusaha besar melainkan juga pengusaha kecil dan menengah turut dalam kebijakan pemerintah ini.

Meski belum besar penerimaan pajak dari pengusaha kecil dan menengah atau yang disebut UMKM tapi, pemerintah merasa mereka sudah siap mengikuti amnesty pajak ini. Hanya saja, program ini belum tersosialisasi dengan baik di kalangan UMKM. Sehingga, pada periode kedua nantinya akan lebih mengenalkan lagi tentang pengertian amnesty pajak serta manfaatnya bagi negara dan para pengusaha. 

Keuntungan Bagi Pengusaha Mengikuti Amnesty Pajak
Semua wajib pajak, baik perusahaan besar maupun bisnis perseorangan UMKM akan memperoleh beberapa keuntungan apabila mengikuti pengampunan pajak. Diantaranya, pengusaha tidak akan dikenai sanksi administrasi bagi pajak terutang yang belum diterbitkan, para wajib pajak mendapatkan penagmpunan sanksi secraa admnistrasi dan takkan ada pemeriksaan pajak.
Sedangkan bagi pengusaha UMKM yang belum paham akan pengertian amnesty pajak, tak usah khawatir. Sebab, pelaku UMKM yang bersedia ambil bagian dalam program amnesty pajak akan memperoleh keistimewaan yakni penghentian pemeriksaan pajak. Yakinlah bahwa kebijakan pemerintah ini sudah dibuat dengan pemikiran yang tepat dan pastinya akan bermanfaat bagi semua pihak.
Bagi pengusaha UMKM yang sudah memahami benar tentang pengertian amnesty pajak, sebaiknya mengikuti program ini. Pemerintah menghitung dan menetapkan tarif tersendiri bagi pelaku UMKM. Untuk bisnis UMKM yang berpenghasilan mencapai Rp 4,8 miliar, mempunyai tarif amnesty sebanyak 0,5%. Sedangkan untuk pengusaha UMUM yang mempunyai pendapatan sampai Rp 10 miliar atau lebih akan dikenakan tarif 2%.


EmoticonEmoticon